e-business
Understanding e-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara
otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik.
E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan
data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga
banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan,
serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya
menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce
saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business,
sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis
menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses
bisnis termasuk value chain :
ü pembelian secara elektronik (electronic purchasing),
ü manajemen rantai suplai (supply chain management),
ü pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan
kepada pelanggan
ü kerja sama dengan mitra bisnis.
E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data
di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet,
intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
Adapun model – model E- business dapat dikategorikan
menjadi Sembilan Model bisnis yaitu :
1 Virtual Storefront, yang menjual produk fisik atau jasa
secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional.
seperti jasa posdan kurir. • Amazon.com
Virtual vineyards
Security first
Network bank
Marketplace Concentrator, yaitu yang
memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu
titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding – bandingkan dan kadangkala
juga melakukan transaksi pembelian. • Internet mall
DealerNet
Industrial marketplace
Insuremarket
Information Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai
produk, harga dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas
transaksi. Namun nilai utamanya adalah informasi yang disediakan.
Partnet
Travelocity
Auto by Tei
Transaction Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai
tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah
memfasilitasi transaksi.
Etrade
Ameritrade
Electronic Clearinghouses, yaitu menyediakan
suasana seperti tempat lelang produk, dimana harga dan ketersediaan selalu
berubah tergantung pada reaksi konsumen.
Bid.com
Onsile
Reverse auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai
penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh
pembeli.
Digital Product Delivery, yaitu menjual
dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat
internet.
Content Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan
kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau biaya akses.
Online Service Provider, yaitu menyediakan
layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras
Telkomnet speedy
Indosat m2
Pengaruh-pengaruh E-Business atas proses Bisnis
Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol
Standar, telah ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer
(mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.
Keuntungan EDI:
• Meningkatkan tingkat akurasi
• Mengurangi biaya
Faktor-faktor keberhasilan E-Business
Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan
keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan
aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa
proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam
transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas, dan Privasi
Sumber
:
http://www.ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html
http://ridwansalimdb16.blogspot.com/2010/10/model-model-e-business.html
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/27/pengertian-e-business-350060.html

Komentar
Posting Komentar