Desain Game




Desain Game
By : Rakhmi Khalida




Desain Game adalah gambaran bagaimana sebuah game komputer itu akan dibuat. Untuk membuat sebuah game terlebih dahulu pembuat game harus membuat deskripsi yang menceritakan game yang akan dibuat (Hahguoh dan Overmars, 2006). Biasanya design  game yang sederhana dapat membuat pembuatan game menjadi lebih menyenangkan. Dari design yang telah dibuat kemudian dapat diketahui semua elemen-elemen berbeda yang dibutuhkan dalam pembuatan game, misalnya karakter user, karakter musuh, animasi serangan dan sebagainya. Membuat game akan membutuhkan gambar dari tiap elemen-elemen yang ada. Semua hal diatas dapat dikatakan sebagai resources game.




Game Design Dokumen (GDD)
Para pembuat game komersial biasanya mempersiapkan dokumen-dokumen yang berisi design game yang sangat panjang sebelum memulai pembuatan game. Game Design Dokumen (GDD) adalah setiap hal-hal yang detail di dalam game harus disebutkan di dalamnya. Jika tidak terdapat di dalam dokumen ini, berarti seharusnya tidak ada dalam game. Pada umumnya outline dalam GDD di gambarkan secara umum, tetapi tidak ada dokumen desain game (GDD) umum yang cocok untuk semua genre.



Hal-hal yang penting dalam game:
Sprites
          Sprites adalah kumpulan gambar-gambar yang digunakan untuk icon, karakter ataupun gambar bergerak dalam game. Sprites dapat dibuat dari gambar-gambar yang sudah dibuat dalam sebuah art packages, download dari internet maupun dibuat secara manual dengan menggunakan software seperti Adobe Photoshop.

Objects
Sprites tidak dapat melakukan sesuatu dengan sendirinya. Sprites hanya menyimpan gambar-gambar dari elemen-elemen yang berbeda dalam sebuah fame. Objects adalah bagian dari game yang mengontrol bagaimana elemen-elemen tersebut bergerak dan berinteraksi satu sama lain. Contohnya adalah karakter dalam game.

Events dan Actions
Events adalah hal-hal penting yang terjadi didalam sebuah game, seperti ketika objects saling bertumbukan maupun ketika user menekan tombol pada keyboard. Actions adalah hal-hal yang terjadi sebagai respon dari sebuah event, seperti perubahan arah pergerakan objects, perubahan score, atau memainkan sebuah lagu.





Backgrounds
Backgrounds adalah gambar –gambar yang digunakan sebagai gambar latar belakang game dan merupakan jenis lain dari resource, seperti sprites dan objects. Pada umumnya ukuran backgrounds sama dengan resolusi game.

Sounds
Sounds juga termasuk resource game, jenis sounds dalam game ada dua, yaitu musics dan sound effect. Sounds dangat mempengaruhi atmosfer dalam game. Masters berupa lagu yang terus mengalun selama game dimainkan, namun lagu yang dimainkan pada umumnya bergantung pada tempat atau kondisi game. Sounds effect adalah suara yang hanya terdengar ketika terjadi suatu hal tertentu, misal penekanan tombol, karakter terkena pukulan dan sebagainya. Kegunaan dari sound effects adalah untuk membantu user mengetahui action yang dilakukan maupun hal yang sedang terjadi.

Status
Status adalah sekumpulan informasi yang berguna untuk orang yang memainkan sebuah game untuk mengetahui kondisi permainan saat itu. Bergantung dari jenis game-nya informasi yang disampaikan melalui status dapat bermacam-macam. Berikut beberapa macam status pada game beserta penjelasannya :
ü Score adalah nilai yang diperoleh oleh orang yang memainkan sebuah game. Status ini sangat sering digunakan pada sebuah game untuk mengetahui kemampuan yang memainkannya.
ü High Score adalah nilai tertinggi yang pernah dicapai orang yang memainkan sebuah game. Status ini biasanya terdapat pada game yang dapat diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat, sehingga membuat orang yang memainkannya tertarik untuk mengulangi permainan dari awal, dengan harapan mendapat high score yang lebih tinggi.
ü HP (Hit Point) adalah status yang menunjukkan jumlah maksimal damage yang dapat diterima oleh karakter dalam game. Apabila bernilai 0 maka karakter tersebut dinyatakan mati/kalah. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre fighting, action atau RPG (Role Playing Game).
ü SP (Skill Point) adalah sejumlah poin yang dapat digunakan untuk menggunakan skill. Jumlah yang dibutuhkan bergantung dari skill yang digunakan. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre RPG.
ü Strength adalah jumlah kekuatan karakter dalam game. Nilai status biasanya menentukan kekuatan serangan karakter. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre fighting action atau RPG.
ü Vitality adalah jumlah pertahanan karakter dalam game. Nilai status ini biasanya akan mempengaruhi jumlah HP dan pertahanan yang dimiliki karakter. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre fighting action atau RPG.
ü Speed adalah kecepatan karakter dalam game. Nilai status ini biasanya akan mempengaruhi seberapa cepat karakter akan bergerak atau mendapatkan giliran serta menentukan mudah atau tidaknya terkena serangan musuh. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre fighting, action atau RPG.
ü Intelligence adalah jumlah kekuatan sihir dari karakter dalam game. Nilai status ini biasanya akan berpengaruh pada jumlah SP, serangan sihir dan ketahanan terhadap serangan sihir. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre action atau RPG.
ü Luck adalah keberuntungan karakter dalam game. Nilai status ini biasanya akan mempengaruhi karakter dalam mendapatkan hal-hal yang sulit didapatkan dalam game, seperti terjadinya critical hit.
ü Status point adalah sejumlah poin yang biasanya digunakan untuk menambah status karakter seperti Strength, Vitality, Intelligence, Speed dan Luck. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre action atau RPG.
ü Time adalah status yang digunakan untuk berbagai macam fungsi dalam game, misal untuk menentukan waktu yang tersisa untuk mencapai tujuan tertentu, jumlah waktu yang telah dihabiskan seseorang untuk memainkan game tersebut, dan lain sebagainya. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre fighting, action atau RPG.
ü Experience dalam dunia game adalah sejumlah poin yang biasanya digunakan untuk menentukan level karakter dalam game. Status ini biasanya terdapat pada game ber-genre action atau RPG.


Jenis game (Genre)
Beberapa jenis-jenis game :
v Internet game (Angagan, 2006) adalah sebuah game yang didesain untuk bekerja melalui banyak jaringan-jaringan. Contoh game : Ragnarok Online
v Mini game adalah sebuah game yang sederhana, tidak membutuhkan banyak waktu, serta terkadang dapat membuat orang kecanduan. Contoh game : Dinner Dash, Sally Salon
v Racing game (Istiono, 2008) adalah game yang berjenis balapan yang biasanya teknik kita dapat memainkan dijadikan patokan keberhasilan dalam misi. Contoh game : Puppy Racing, Speed Warrior
v Fighting game adalah game yang biasanya ada dua karakter yang bertarung untuk memperoleh kemenangan atau tercapainya suatu misi. Contoh game : Weird Fighters
v Adventure game adalah sebuah game dimana user dapat mengeksplorasi 1 tempat atau lebih, melawan musuh yang ditemui, berinteraksi dengan karakter yang ditemui, dan terkadang memecahkan teka-teki. Contoh game : Summoner Saga
v Shooting game adalah game yang bertipe menembak musuh atau sasaran tertentu. Contoh game : Time crisis, House of The Dead
v Logic game adalah sebuah game yang mengharuskan user untuk berfikir menggunakan logika untuk dapat menyelesaikan game tersebut. Contoh game : Jeu Kakuro, Smart Kittio.

Turn Based
Turn Based adalah sebuah sistem dalam game untuk menentukan giliran dimana hanya satu user yang dapat bergerak dalam suatu waktu tertentu. Contoh game antara lain Tic Tac Toe, Scrabble, Catur, Permainan Kartu dan lain-lain.

Sudut Pandang User
Sudut pandang user dalam game ada 2, yaitu :
1.     First Person View adalah sudut pandang orang pertama, dimana user dijadikan seperti karakter yang dimainkan, sehingga user melihat dari sudut pandang karakter yang dimainkan. Contoh game : Counter Strike, HALO
2.     Third Person View adalah sudut pandang orang ketiga, dimana user dapat melihat keseluruhan tubuh karakter dalam game. Contoh game : Ragnarok Online, FATE





Sumber :
catatandosen.com/dokumen-desain-game-game-design-document-gdd/
blog.tp.ac.id/wp-content/uploads/3147/download-desain-game1.doc

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mipmapping

game engine

pemuda